Minggu, 14 Februari 2016

Perangkat LAN dan WAN

Perangkat LAN dan WAN

Jaringan Komputer secara umum ada lima macam yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet , Wireless. Sebenarnya konsep dari jenis jaringan komputer sama yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringam untuk dapat berkomunikasi dan berbagai sumber daya. Hanya yang membedakan adalah dari letak geologisnya dan teknologi yang digunakan. Kali ini saya akan membahas mengenai LAN dan WAN.
1. LAN (Local Area Network )
a. Pengertian LAN
LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakupa wilayah kecil, seperti jaringa komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil lagi.
Karakteristik yang menentukan LAN berbeda dengan WAN yaitu kecepatan transfer data, tempat geografis, kebutuhan telekomumikasi leased baris.
Secara garis besar jaringan LAN terbagi menjadi dua yaitu jaringan peer to peer dan jaringan client server. Pada jaringan peer to peer setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagia workstation.
Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbits/s. Selain tekonologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN.
Transmisi data dalam LAN mempunyai kecepatan yang berbeda dan dapat di kategorikan :
a. High Speed Network
b. Medium Speed Network
c. Low Speed Network

Karakteristik LAN
a. mempunyai pusat data yang lebih timggi
b. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
c. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Sebuah komputer jaringan yang mencakup are yang relatif kecil. Kebanyakan LAN terbatas di satu gedung atau beberapa gedung. Namun, satu LAN dapat di hubungkam ke LAN lain atas jarak melalui saluran yelepon dan gelombang radio.Sebuah sistem yang terhubung LAN dengan cara ini disebut Wide Area Network (WAN).
Sebagaian besar LAN menghubungkan workstation dan komputer pribadi. Setiap node di sebuah LAN memilili CPU yang mengeksekusi program, tetapi juga daat berbagai perangkat mahal seperti laser printer , serta data. Pengguna juga dapat menggunakan LAN untuk berkomunikasai dengan satu sama lain, dengan mengirimkan e-mail atau terlibat dalam obrolan sesi.
Karakteristik LAN yang membedakan satu dengan yang lain adalah sebagai berikut :
- Topologi : pengaturan geometrik perangkar di dalam jaringan.
- Protokol : Aturan - aturan dan spesifikasi pengkodean untuk mengirim data.
- Media : Beberapa jaringan media tanpa menghubungkan sama sekali, bukannya berkomunikasi melalui gelombag radio.

b. Komponen - Komponen LAN
   LAN tersusun dari beberapa komponen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu sebagai berikut :
a. Komponen hardware : Workstation, server, kabel ( kabel Twisted pair, kabel Coaxial, Kabel Fiber optik), Network Interface Card (NIC), hub/switch, bridge, Repeater, dan Topologi Jaringan.
b. Komponen Software: Sistem operadi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
c. Brainware, yaitu administrator dan pengelola jaringan.

2. WAN (Wide Area Network)
a. Pengertian WAN
   WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas seperti : jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.
b. Kegunaan WAN
   WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna kimputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer di lokadi yang lain.
    Selain itu WAN juga digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis- jenis jaringan bersama- sama, sehingga pengguna kimputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer di lokasi lain.
    WAN sering dibangun dengan mrnggunakan leased line. Pada setiap akhir leased line, sebuah router terhubung ke LAN di satu sisi dan sebuah hub dalam WAN di sisis lain. WAN juga dapat dibangun menggunakan sirkuit switching atau packet switching metode. Jaringan protokol termasuk TCP/IP menyediakan transportasi dan menangani fungai. Protokol termasuk paket diatas SONET/SDH, MPLS, ATM dan Frame Relay sering digunakan oleh penyedia layanan untuk memberikan link yang digunakan dalam WAN X. 25. WAN X. 25 adalah sebuah protokol WAN awal yang penting, dan sering dianggap sebagai "kakek" dari Frame Relay karena banyak yang mendasari dan fungsi protokol X. 25 masih digunakan sampai sekarang (dengam upgrade) oleh Frame Relay.
Komponen - komponen WAN :
1. Repeater
2. Bridge
3. Router
4. Switch
5. Converter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar