Senin, 15 Februari 2016

Perangkat - Perangkat WAN

Perangkat- perangkat yang digunakan WAN

Beberapa komponen WAN diantaranya :
1. Repeater (penguat sinyal
      Repeater berfungsi untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Repeater beroperasi pada Physical Layer dalam model jaringan OSI.

2. Bridge
   Sebuah bridge juga meneruskan paket dari satu segmen LAN ke segmen lain,tetapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas daripada repeater. Bridge menghubungkan segmen - segmen LAN di Data Link layer pada model OSI. Semua LAN yang terhubung dengan bridge dianggap sebagai satu subnetwork dan alamat data link setiap device harus unik. LAN yang terhubu.g dengan menggunakan bridge umum disebut sebagai Extended LAN.

3. Router
    Router berfungsi memberikan kemampuan melakukan paket dari satu sistem ke sistem lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router bekerja pada lapisan Network dalam model OSI . Umumnya Router memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada bridge dan dapat digunakan pada internetwork dengan tingkat kerumitan yang tinggi sekalipun.
   Router dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN (dan Extended LAN ) sehingga trafik yang dibangkitkan oleh sebuah LAN terisolasikan dengan baik dari trafik yang dibangkitkan oleh LAN lain dalam internetwork. Jika dua LAN atau lebih LAN terhubung dengan router dapat, setiap LAN dianggap sebagai subnetwork yang berbeda. Miri dengan bridge, routet dapat menghubungkan data link yang berbeda. Contoh, router dapat menghubungkan dua LAN yang berbeda atau untuk menghubungkan data link LAN dengan data link WAN.

4. Switch
    Switch merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 2, Data Link Layer. dia bekerja sebagai penyambung / concentrator dalam Jaringan. Switch mengenal MAC Adressing shingga bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke mana.
   Switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

5. Converter
   Converter memungkinkan sebuah aplikasi yang berjalan pada suatu sistem berkomunikasi dengan aplikasi yang berjalan pada sistem lain yang berjalan di atas arsitektur network berbeda dengan sistem tersebut. Converter bekerja pada lapisan Application Layer pada model OSI dan bertugas untuk melakukan paket antarjaringan dengqn protokol yang berbeda sehingga perbedaan tersebut tidak tampak pada lapisan aplikasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar